Wednesday, November 16, 2016

Cek Fisik Bantuan untuk Kepentingan Mutasi dan Balik Nama Kendaraan Bermotor

Saat ini saya memiliki sebuah sepeda motor dengan plat H XXXX CJ (Demak, Jawa Tengah) yang STNK dan BPKB nya atas nama pemilik sebelumnya, oleh karena itu saya ingin melakukan balik nama ke nama saya pribadi sesuai dengan KTP saya (Sleman, Yogyakarta) sekaligus mutasi daerah administrasi kendaraan bermotor tersebut.

Untuk melakukan proses mutasi dan balik nama kendaraan bermotor, hal yang harus dipersiapkan adalah:
  • Kendaraan
  • STNK asli dan fotocopy
  • BPKB asli dan fotocopy
  • KTP asli dan fotocopy
  • Kwitansi jual beli bermaterai 6000 dan tanda tangan asli dan fotocopy
  • Sejumlah uang

Salah satu tahapan proses mutasi dan balik nama kendaraan bermotor adalah melakukan pencabutan berkas administrasi kendaraan, dengan cara melakukan cek fisik kendaraan tersebut di Samsat daerah sesuai dengan daerah administrasi kendaraan bermotor tersebut. Namun permasalahannya adalah saat ini saya dan sepeda motor saya berada di Pamulang, Tangerang Selatan, dan hal tersebut membuat saya berfikir bahwa harus membawa kendaraan saya dari Pamulang ke Demak, kemudian ke Sleman, tentunya hal tersebut akan memakan banyak waktu dan biaya.

Setelah browsing sana sini akhirnya saya menemukan informasi bahwa saat ini masyarakat yang ingin melakukan mutasi kendaraan bermotor dapat melakukan cek fisik kendaraan bantuan di Samsat terdekat. Terkait hal tersebut secara teknis saya hanya perlu membawa kendaraan saya ke Samsat daerah Pamulang tanpa harus ke Samsat daerah Demak dan Samsat daerah Sleman.

Bermodalkan informasi tersebut, saya mencoba mendatangi Samsat Ciputat yang beralamat di Jln. R.E. Martadinata, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, untuk bertanya mengenai kebenaran informasi tersebut dan apakah dapat melayani cek fisik kendaraan bantuan. Hasilnya adalah Samsat Ciputat dapat melayani cek fisik kendaraan bantuan untuk kepentingan mutasi kendaraan bermotor seperti permasalahan yang saya alami di atas.

Tak menunggu berapa lama saya pun langsung membawa kendaraan sepeda motor saya ke Samsat Ciputat tersebut untuk dilakukan cek fisik kendaraan bantuan. Berikut adalah penjelasannya:
  1. Saya membawa kendaraan sepeda motor saya ke Samsat Ciputat sekitar pukul 09.00 WIB dan langsung menuju tempat pengecekan fisik kendaraan bermotor yang berada di belakang gedung utama.
  2. Bertanya kepada petugas dan memberitahukan bahwa saya hendak melakukan cek fisik bantuan untuk kepentingan mutasi kendaraan bermotor.
  3. Menyerahkan STNK asli kepada petugas untuk didaftarkan, dan kemudian dilakukan pengambilan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan oleh petugas.
  4. Petugas menyerahkan formulir hasil cek fisik kendaraan bermotor tersebut kepada saya.
  5. Saya menyerahkan formulir tersebut ke loket cek fisik yang berada dekat dengan lokasi pengecekan.
  6. Pukul 09.15 WIB saya dipanggil ke loket cek fisik untuk mengambil formulir yang saya berikan sebelumnya. Dalam formulir tersebut, terdapat stempel resmi dari kepolisian, salah satu nya adalah stempel "CEK FISIK BANTUAN" sesuai dengan kepentingan saya, dan ini adalah tahap akhir dari proses cek fisik kendaraan bantuan yang saya lakukan.
Formulir Cek Fisik Kendaraan Bantuan

Kesimpulannya adalah proses cek fisik kendaraan bantuan ini terhitung sangat cepat, hanya butuh sekitar 15 menit saja, dan semuanya ini tanpa biaya sepeser pun alias gratis. Petugas nya pun ramah dengan pengunjung. Masyarakat dipermudah dengan adanya kebijakan cek fisik kendaraan bantuan untuk kepentingan mutasi kendaraan bermotor, hal ini tentu menjadi sebuah terobosan yang sangat membantu masyarakat. Semoga kedepannya akan terus ada terobosan - terobosan kebijakan yang membantu masyarakat seperti ini.

Selanjutnya, dalam waktu yang masih belum dapat ditentukan, saya akan mengurus pencabutan berkas kendaraan sepeda motor saya di Samsat daerah Demak untuk keperluan mutasi ke daerah Sleman, Yogyakarta.

Tambahan:

Kebetulan saya berkenalan dengan petugas yang melakukan pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan saya, berawal dari motor saya yang bergaya "touring" dengan menggunakan top box dan side box, beberapa aksesoris pendukung, dan sticker yang terdapat logo Polda Jabar serta beberapa sticker komunitas motor saya. Petugas tersebut bernama pak Joko, beliau ternyata adalah salah satu member club motor di Indonesia, dan dari situlah awal perkenalan saya dengan pak Joko, dilanjutkan dengan bertukar nomor handphone untuk menjalin silaturahmi dikemudian hari.

Demikian yang dapat saya informasikan, saya mohon maaf bila terdapat banyak kekurangan pada tulisan saya ini. Jika ada pertanyaan, tambahan, dan lain - lainnya mohon ditulis dalam kolom komentar di bawah, saya juga mengharapkan reaksi dari pembaca dengan memilih salah satu dari tiga reaksi yang tersedia (lucu, menarik, dan keren). Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tetap patuhi aturan berkendara dan berlalulintas, hormati sesama pengguna jalan, dan menjadi pelopor keselamatan berkendara!

43 comments:

  1. Mo nanya dong.. posisi mbl saya di sleman trs cek fisik di sleman, utk cabut berkas di samsat cibinong, lalu masukin ke asal ktp saya di cikarang bisa ga ya?

    ReplyDelete
  2. Sepengetahuan saya bisa mas.
    Jadi nanti cek fisik bantuan di Sleman, terus bawa berkas cek fisik nya ke samsat Cibinong untuk cabut berkas nya, nanti menyerahkan hasil cek fisik bantuan itu untuk cabut berkas.
    Nanti untuk masukin ke Cikarang nya, sepertinya hasil cek fisik tersebut tidak bisa digunakan lagi, karena nanti Samsat Cikarang akan meminta untuk menghadirkan kendaraan nya di Samsat Cikarang untuk cek fisik ulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti utk cek fisik yg dicikarang mobil hrs saya bawa lsng ya?

      Delete
    2. Sepertinya begitu mas.
      Tapi coba dulu aja setelah cabut berkas, terus berkas nya itu dibawa ke Cikarang, siapa tau bisa tanpa bawa mobilnya mas.

      Kalo saya balik nama ke Sleman, Polres Sleman meminta saya untuk membawa kendaraan saya, walaupun sudah punya bukti cek fisik bantuan nya. Saya belum sempat posting lagi mengenai pengalaman tersebut hehe.

      Delete
    3. Mas minta nmr tlpnya/wa,,,pingin nanya2 langsung,,,
      Ni wa saya 085311221969

      Delete
  3. Maaf mas, mau nanya. Samsat ciputat buka hari sabtu gak ya? Trus bukanya jam brapa sampai jam brapa ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan saya, buka setengah hari mas.
      Normal buka jam 07.00 - 11.30.

      Maaf kalo ada salah info, semoga membantu.

      Delete
  4. Untuk cek fisik bantuan hanya butuh ktp asli saja ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kendaraan
      STNK asli dan fotocopy
      BPKB asli dan fotocopy
      KTP asli dan fotocopy
      Kwitansi jual beli bermaterai 6000 dan tanda tangan asli dan fotocopy
      Sejumlah uang

      Semoga membantu

      Delete
  5. Mau nanyak gan. Klok mau melakukan cek fisik motor bantuan dengan persyaratan cuman bawa stnk asli tanpa bpkb asli soalnya bpkb aslinya sdh di kirim ke alamat asli motor itu berada,untuk pencabutan berkas. Mohon jawabannya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bisa bawa BPKB aslinya pak.
      Maaf baru sempet buka blog lagi 🙏🏻

      Delete
  6. Kalo gak ada ktp asli pemilik asal gimana mas?apa bisa?adanya cuma foto copy ktp pemilik pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg asli itu yg KTP kita aja pak, yg pemilik asal gapapa fotocopy, kan ada bukti jual beli nya juga.
      Maaf baru buka blog 🙏🏻

      Delete
  7. Maaf mas sya mau nanya,kan sya skrg di kudus tpi motor plat f cibinong,klo nnti hbis cabut brkas bantuan di kudus,dan klo k ci binong apa bawa brkas doang apa sma motor nya mas,trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama motornya sekalian mas, biar langsung dicek motor nya.

      Delete
  8. mas saya mau cabut berkas dari samsat ciputat ke semarang, apakah samsat ciputat menerima berkas dari cek fisik yang dilakukan dari daerah tujuan ga? kok pernah baca katanya ttp harus hadirkan kendaraan kl cabut dari ciputat ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm gitu ya..
      Harusnya sih enggak, kan di Ciputat hanya menerima berkas cek fisik bantuan yg sudah dilakukan di samsat Semarang. Jadi di Ciputat hanya cabut berkas, tidak cek fisik lagi.

      Delete
  9. Mau nanya pak,
    Mau cek fisik di malang cuma bawa foto copy STNK, sedangkan yg asli udah masuk d Samsat madura, biasa gak pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bisa masuk ke Samsat Madura dulu pak? Harusnya sebelum ke tempat tujuan, proses dulu di tempat asal nya pak.

      Delete
  10. Mau nanya pak,
    Mau cek fisik d malang cuma saya bawa foto copy STNK aja, sedangkan yg asli udah masuk d Samsat madura, bisa gak pak?

    ReplyDelete
  11. Hehehe .... Di Kota Malang sama petugasnya disuruh nunggu 1 Minggu
    🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh lama juga..
      Beda samsat beda kebijakan ya, padahal satu kesatuan POLRI, hehe

      Delete
  12. Apakah bisa cuma bawa berkas cek fisik bantuan untuk mutasi mobil dari plat D Bandung ke plat BH kota Jambi? Tanpa harus membawa mobil nya ke kota asal!?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pak, kan sudah sah berarti cek fisiknya, tinggal bawa aja ke Bandung untuk cabut berkas.

      Delete
  13. Mas bisa japri gak" mau nanya² ,boleh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantumim nomer WA nya aja mas, nanti saya japri yaa..

      Delete
  14. hahaha...apes mas aku.. saya dua kali mendatangi samsat bosoq di Jateng berniat mendapatkan cek fisik perbantuan, motor saya plat Banten dan mau saya mutasi dan balik nama ke Jateng. Hari pertama saya bertanya kepada petugas dan menjelaskan maksud saya, dan saya diarahkan ke petugas cek fisik. saya dateng pas lagi banyak pelanggan yg melakukan cek fisik.Saat petugas gesek mesin tiba diantrean motor saya, dia tanya dan saya jelaskan maksud saya, entah dia pura2 ga tau atau bego or mungkin mau ngadalin, bodohnya dia cuma gesek mesin motor saya dan tdk mengasih formulir perbantuan, saya langsung tanya mas cuma gini saja, tdk ada formulir dan pengesahan gitu. dia bilang gitu aja langsung kabur krn aku yg terakhir dibarisan cek fisik, lanjut krn aku kurang puas aku tanya ke petugas didalam loket cek fisik dan saya jelaskan maksud saya dia bilang begitu aja langsung bawa ke samsat yg dituju. ealah sama aja mau ngadalin juga. krn saya gregetan dan jengkel saya datang lagi di hari ke dua jika jawabanya sama saya akan coba samsat kota lain. dan saya datang pagi mendapat giliran pertama sebelum buka dan sebelum banyak pelanggan yg mau cek fisik dateng. Disitu saya disambut oleh petugas gesek mesin yg satu lagi(dan yg kmarin si busuk yg ngesek mesin saya juga ada, langsung dia gesek motor orang lain), disini saya sengaja pakai pakaian dan jaket sama spy mereka kenal saya kmarin yg dikadalin. Bapak yg satu langsung menyapa dan menyambut saya serta memberi info yg membantu, usut diusut saya browsing kalo cek fisik perbantuan gratis tapi bapak ini katanya ada biaya adm 50ribu buat dokumen dan kertas(what!), so far this ok, asalkan tdk kaya kemarin yg kadalin orang jadi bingung kaya orang bego cuma dikasih lembaran cek fisik aja tanpa formulir. Jadi jika kalian mau cek fisik perbantuan dan masih dipersulit bilang aja duit berapa mas, biar ga kaya orang bego, petuga cek fisik dan petugas dalan berpakaian polisi kongkalikong kodok bangkong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini oknum yg nakal ya, jaman sekarang masih pake uang pelicin dan itu diminta, kecuali uang nya ikhlas dari kita yaa..
      Yaa semoga kedepannya diberikan kemudahan, amin..

      Delete
  15. Mas saya mau mutasi surat" motor dari pangkal pinang ke tangerang..posisi motor,bpkb dan stnk sudah di tangerang pajak mati 6thn...mau cabut berkas'a ribet gx ya kira"...dan biaya'a mahal gx?? Trims sebelum'a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake prosedur cek fisik bantuan pak.
      Untuk biaya nya tergantung dari pajak motor nya pak.

      Delete
  16. Kalo bisa bantu wa ke saya mas 081387957882

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih butuh bantuan gak pak? Maaf baru buka blog lagi.

      Delete
  17. Untuk cek fisik bantuan apa hanya ckp STNK asli sj?Krn posisi BPKb masih di daerah asal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa BPKB asli nya juga pak.
      Minta dikirimkan aja lewat jasa ekspedisi.

      Delete
  18. Mas mau nanya nih...kebetulan sya kan dikasih motor sama kaka sya platnya E (cirebon)..trs skrang motor berada di domisili sya di solo mas..itu klo mau cek fisik bantuan apa harus ada bukti jual beli bermaterai soalnnya aku kan beli tpi dikasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksutnya kan aku gak beli tpi dikasih

      Delete
    2. Kalo mau balik nama kendaraan, harus ada kwitansi jual beli nya.
      Walau kendaraan dikasih, buatkan aja kwitansi nya berdasarkan harga pasaran dan ttd pemilik sebelumnya.

      Delete
  19. Klau mutasi mobil apakah di samsat tujuan harus ada kendaraannya mas..tidak bisa pakai cek fisik bantuan y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk samsat tujuan, wajib menghadirkan kendaraan pak

      Delete
  20. Mohon maaf nanya, saya sekarang berdomisili di cirebon, ada motor dapat dikasi ber plat jambi, BPKB dan STNK sudah ada di cirebon, apakah bisa proses mutasi atau cabut berkas tanpa pergi ke jambi? Kalau bisa bantu penjelasannya, WA. 089660772484

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pak, proses nya minta cek fisik bantuan untuk cabut berkas nya.
      Tapi nanti harus ke Jambi lagi untuk menyerahkan berkas tersebut.
      Lalu berkas tersebut dibawa ke Cirebon untuk proses mutasi ke tempat tujuan.

      Delete
  21. Mas Saya kebetulan mau bantuan cek fisik untuk keperluan cabut berkas dan balik nama ke tangsel (samsat ciputat). Pada saat datang langsung ke area cek fisik apa ke loket cek fisik dulu ya Mas? WA sy di 081806701346. terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete