Sunday, February 21, 2016

Cara Memandikan Kucing dan Peralatan nya

Salam Meow!

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi mengenai cara memandikan kucing dan peralatan nya. Saat ini saya memiliki tiga ekor kucing di rumah, pada waktu luang/weekend biasanya saya meluangkan waktu untuk merawat kucing saya, salah satunya yaitu memandikan mereka, namun jika tidak ada waktu, saya serahkan mereka ke pet shop untuk dimandikan hehe.

Bagaimana cara memandikan kucing? Apa saja peralatan yang harus disediakan sebelum memandikan kucing? Yuk kita simak tulisan berikut.


Alat-alat yang akan digunakan:

Handuk

Wadah Air

Shampoo/Sabun

Sisir

Pengering Rambut

Kapas


Langkah dan cara memandikan kucing:

1. Siapkan air hangat pada sebuah wadah air. Pada saat pertama kali membasahi badan kucing sebaiknya jangan langsung diguyur menggunakan gayung, namun lebih baik menggunakan tangan, ini berguna agar kucing tidak kaget saat terkena air. Setelah kucing kira-kira sudah tidak kaget terkena air, kita dapat membasahi sekujur tubuhnya. Hati-hati saat membasahi tubuhnya, jangan sampai air masuk ke telinga kucing, karena dapat menyebabkan telinga kucing menjadi basah dan lembab, sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah pada telinga.

2. Setelah semuanya basah, oleskan atau tuangkan shampoo khusus kucing, maupun sabun untuk cuci piring seperti yang saya gunakan. Mengapa saya menggunakan sabun untuk cuci piring? Berdasarkan informasi yang saya dapat, sabun cuci piring ampuh membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada bulu kucing kita, dan jika menggunakan shampoo khusus kucing juga tidak masalah.

3. Pijat lembut ke badan kucing yang sudah diberi shampoo/sabun agar meresap hingga ke permukaan kulit. Kita harus lebih teliti untuk kucing yang berbulu tebal/panjang agar shampoo/sabun dapat mencapai permukaan, sehingga kotoran-kotoran dapat dibersihkan.

4. Setelah pengolesan shampoo/sabun, kita dapat membilasnya dengan air hangat. Pastikan membilas sampai bersih diseluruh badannya guna menghilangkan seluruh shampoo/sabun, karena jika tidak bersih yang dikhawatirkan adalah shampoo/sabun tersebut terjilat oleh kucing kita dan menjadi racun. Jika sudah dibilas bersih, dapat juga diulang kembali proses pemberian shampoo/sabun nya sesuai kebutuhan.

5. Kemudian dilakukan proses pengeringan menggunakan handuk kering, Usap lembut handuk di seluruh badan kucing. Setelah itu kita dapat menggunakan alat pengering rambut agar lebih mempercepat proses pengeringan.

6. Terakhir yaitu memastikan bahwa telinga kucing tidak basah. Kita dapat membersihkan telinga kucing dengan kapas.


Hal yang harus diperhatikan:

1. Mandikan kucing pada pagi menjelang siang hari. Hal ini berguna untuk mempermudah proses pengeringan, karena dapat dibantu juga dengan sinar matahari. Karena jika kucing tidak kering, maka bulu-bulu kucing akan lembab dan dapat menimbulkan jamur. Selain itu, suhu pada pagi menjelang siang hari juga membantu agar si kucing tidak terlalu kedinginan.

2. Sebelum memandikan kucing, sebaiknya memotong kuku nya terlebih dahulu. Ini berfungsi untuk mencegah kita terkena cakar saat si kucing berontak pada proses dimandikan.

3. Gunakan air hangat, tidak terlalu panas, dan juga tidak dingin. Karena jika terlalu panas akan membahayakan si kucing, dan jika dingin maka kucing akan mengalami kedinginan dan dapat menimbulkan kucing terkena flu dan lain sebagainya.

4. Pastikan si kucing tidak dalam kondisi sakit. Karena jika si kucing dalam kondisi sakit dan dimandikan, maka akan memperparah sakitnya tersebut.


Memandikan kucing sendiri memang susah susah gampang, maka dari itu kita harus mengetahui cara dan proses yang baik untuk memandikan kucing kita.

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya pribadi. Jika ada pertanyaan dan saran, silahkan masukkan pada kolom komentar. Sekian dulu dari saya, semoga dapat bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment